perhiasan berlian
BISNIS

Tips Menyimpan Perhiasan Berlian yang Benar dan Aman

Dibanding jenis perhiasan lainnya, perhiasan berlian mesti dirawat dengan lebih teliti. Mengapa? Pertama, karena harganya yang memang tinggi. Selain itu juga karena berlian membutuhkan jenis perawatan yang lebih selektif. Misalnya yaitu mengenai penyimpanannya. Jadi bagaimana menyimpan cincin, anting, atau berlian yang benar dan aman? Kamu akan menemukan jawabannya dalam artikel ini!

Cara Menyimpan Berlian yang Benar dan Aman

Karena harganya mahal dan termasuk dalam kategori batu alam langka, banyak orang yang salah menafsirkan perhiasan berlian ini. Mereka menganggap bahwa berlian itu batu mulia yang sempurna, tidak bisa cacat sama sekali. Padahal hal tersebut merupakan kesalahan berpikir, karena berlian juga bisa cacat juga loch!

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Ya betul sekali, meskipun dianggap sebagai material yang paling kuat, namun berlian juga bisa rusak. Berlian bisa mengalami beberapa kondisi misalnya seperti berubah bentuk karena paparan senyawa tertentu, tergores, pecah, hingga rusak berkeping-keping. Jika berlian bergesekan dengan benda padat lainnya, maka kemungkinan tergoresnya sangatlah besar. Selain itu jika terpapar senyawa tertentu, bisa saja mengalami pecah berkeping-keping (cleavage plane).

Pada dasarnya, solusi penyimpanan berian yang terbaik yaitu menyimpannya di tempat yang terproteksi dengan baik. Selain itu tempat atau wadah tersebut bisa kamu kontrol, sehingga kamu tahu kondisi berlian seutuhnya. Salah satu tempat penyimpanan berlian terbaik yaitu dry box.

Dry box merupakan wadah kedap udara yang dapat memproteksi berlian dari senyawa berbahaya dan kondisi cuaca tertentu. Jadi jika kamu menyimpannya di dry box setelah pemakaian, maka perhiasan bisa awet dalam jangka waktu yang sangat lama.

Lalu bagaimana jika kamu menggunakan perhiasan dan ingin menyimpannya secara berkala dan lebih praktis? Nah kamu mesti menyimpannya di tempat penyimpanan khusus batu mulia. Bentuknya bisa berbentuk box dari plastik berukuran kecil, box dengan material tertentu berukuran sedang, atau berbentuk tas khusus.

Jika kamu ingin menyimpan berlian dalam jumlah banyak, maka kamu mesti menggunakan wadah yang didalamnya terdapat kompartmen (ruang-ruang). Selain sangat bagus untuk penyimpanan, kamu ‘pun bisa melakukan sorting beberapa berlian dalam satu wadah dan juga agar terhindar dari gesekan satu sama lain.

Perlu kamu ketahui, wadah semacam ini sangatlah efektif dan harganya ‘pun tidak terlalu mahal. Namun agar lebih maksimal, sebaiknya kamu membeli wadah kompartmen dengan fitur lengkap dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan stok perhiasan yang kamu miliki.

Selanjutnya, kamu mesti memperbaiki mindset kamu saat menggunakan cincin berlian. Misalnya, kamu tidak boleh menggunakan cincin, anting, atau gelang berlian saat bekerja keras, misalnya bercocok tanam, menulis dengan keyboard, dan lainnya. Selain itu, sebaiknya kamu taruh perhiasan saat kamu berada di tempat yang dipenuhi benda keras.

Jangan lupa, kamu mesti menyimpannya di tempat atau wadah khusus. Jangan sampai kamu menempatkan berlian di tempat atau wadah yang malah berpotensi merusak berlian. Misalnya seperti box yang terbuat dari logam. Selain itu, camkan baik-baik bahwa perhiasan yang terbuat dari berlian mestilah dirawat secara berkala. Jika permukaan berlian kelihatan sudah dipenuhi noda, kotoran, atau debu, pastikan kamu langsung membersihkannya.

Dengan beberapa tips menyimpan perhiasan berlian di atas, kamu bisa memastikan bahwa perhiasanmu selalu dalam kondisi prima dan nilai jualnya tetap tinggi. Nah bagi kamu yang butuh cincin berlian ekslusif dan elegan, Timeless Wedding Ring dari Frank & Co. merupkan opsi paling tepat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *