pinjaman dana cepat
BISNIS

Tips Dapatkan Pinjaman Dana Cepat Bagi Usaha Kecil

Di tengah Pandemi seperti sekarang ini, salah satu sektor yang paling merasakan dampak terbesarnya adalah UMKM. Padahal, Pemerintah sendiri sedang gencar-gencarnya untuk terus meningkatkan geliat pertumbuhan UMKM di Indonesia. Namun dengan adanya pandemi seperti ini banyak membuat pemilik UMKM kewalahan dalam hal perekonomian bahkan hingga memutuskan untuk mencari pinjaman dana cepat di masa sulit sekarang ini. 

Sayangnya, tidak semua penyedia pinjaman dana akan langsung menyetujui dan mencairkan dana Anda. Dibutuhkan beberapa proses, cara, dan persyaratan yang harus pemilik UMKM lengkapi demi mendapatkan dana pinjaman yang mereka inginkan, apalagi di saat seperti sekarang ini. Lantas, apa saja kah hal-hal tersebut? Untuk itu, mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

pinjaman dana cepat
pinjaman dana cepat
  1. Harus memiliki jenis usaha yang jelas dan tidak sembarangan 

Jika Anda berniat meminjam dana bagi usaha kecil Anda, maka biasanya perusahaan penyedia pinjaman dana tersebut akan menanyakan beberapa informasi tentang Anda dan usaha Anda. Dan yang terpenting, biasanya mereka akan menanyakan sudah berapa lama usaha Anda ini berdiri dan dijalankan . Karena perusahaan penyedia pinjaman baru akan mengizinkan jika usaha Anda sudah berjalan minimal setahun, dan sudah memiliki laba bersih. 

Selanjutnya, mereka juga akan menanyakan berbagai dokumen pendukung seperti surat izin usaha, foto tempat usaha, dan lain sebagainya. Jika semua syarat diatas sudah Anda penuhi, maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi dari perusahaan pinjaman dana tersebut. 

  1. Melampirkan dokumen laporan usaha secara jelas 

Masih berhubungan dengan poin yang pertama, maka Anda wajib melampirkan berbagai dokumen pendukung yang telah disusun secara rapi dan jelas. Anda pun nantinya akan diminta untuk membuatkan sebuah proposal dan laporan hasil usaha secara ringkas, lengkap, padat, serta menarik untuk dilihat. 

Dokumen ini juga termasuk mengenai visi dan misi usaha Anda kedepannya bagaimana serta bagaimana dapat bertahan di tengah pandemi seperti sekarang ini. Jika sudah disusun dan di lengkapi secara jelas maka kemungkinan pinjaman Anda akan diterima jadi lebih mudah, dan proses pencairan pun akan jadi lebih cepat. 

  1. Melengkapi berkas Persyaratan yang diberikan 

Jika semua dokumen pendukung sudah Anda siapkan dan telah dibuatkan dalam bentuk proposal, maka selanjutnya Anda harus menyiapkan berkas persyaratan yang biasanya akan diajukan oleh perusahaan pinjaman dana cepat. Beberapa berkas persyaratan tersebut diantaranya seperti: 

  1. Menyiapkan salinan dokumen pendirian usaha (akta pendirian) serta terdapat salinan anggaran dasar jika usaha berbentuk PT, CV, ataupun Firma. Sementara jika usaha Anda bersifat perorangan, maka cukup berikan KTP Saja. 
  2. Menyiapkan susunan laporan keuangan tahunan secara sederhana dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, termasuk didalamnya laporan laba rugi. 
  3. Salinan rekening koran dari 3 bulan terakhir. 
  4. Salinan dokumen ijin usaha termasuk SIUP, NPWP, hingga surat keterangan domisili usaha 
  5. Salinan KTP pemilik usaha, maupun manajemen usaha

4. Mengajukan agunan atau tidak 

Terakhir, biasanya pihak pemberi pinjaman dana akan menanyakan tentang penyertaan agunan yang bisa diberikan. Biasanya, ini akan berpengaruh terhadap kelayakan pinjaman Anda berikut dengan resikonya. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan agunan maka dapat meminimalisir dan mengurangi suku bunga dari pinjaman Anda tersebut. 

Bentuk agunan yang diminta oleh perusahaan penyedia pinjaman dana pun biasanya berbeda-beda. Mulai dari fixed asset seperti tanah ataupun bangunan, hingga seperti kendaraan, surat berharga, Invoice, dan lain sebagainya. 

Namun, di lain sisi juga ada penyedia pinjaman dana cepat yang menawarkan persyaratan serta agunan yang lebih mudah seperti BFI Finance. Disini, proses dan persyaratan yang akan Anda lalui akan lebih mudah dan pencairan pun bisa lebih cepat. Maka dari itu, jika ingin membutuhkan pinjaman dana bagi usaha kecil Anda, maka Anda bisa langsung mengunjungi website BFI di www.bfi.co.id sekarang juga dan temukan informasi selengkapnya. 

Demikianlah artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *