Tips Merawat Kulit Anda
Kesehatan

Tips Merawat Kulit Anda Maksimal

Kadang-kadang mungkin tampak seperti kulit Anda tidak mungkin untuk dikelola, terutama ketika Anda bangun dan menemukan jerawat besar di hidung Anda atau luka dingin di sudut mulut Anda. Berita baiknya adalah ada cara untuk mencegah dan mengobati masalah kulit yang umum – baca terus untuk beberapa tips.

Jerawat

Jerawat dimulai ketika pori-pori di kulit tersumbat dengan sejenis minyak yang disebut sebum, yang biasanya melumasi kulit dan rambut. Jerawat biasa terjadi selama masa pubertas ketika hormon menjadi overdrive, menyebabkan kulit memproduksi sebum berlebih. Karena banyak kelenjar penghasil minyak berada di dahi, hidung, dan dagu, daerah ini – zona T – adalah tempat di mana seseorang paling rentan terhadap jerawat.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mencegah berjerawat dan membersihkannya secepat mungkin:

  • Cucilah wajah Anda dua kali sehari (tidak lebih) dengan air hangat dan sabun ringan yang dibuat untuk penderita jerawat. Pijat wajah Anda dengan lembut dengan gerakan memutar. Jangan digosok. Mencuci dan menggosok terlalu banyak dapat menyebabkan kulit menjadi teriritasi. Setelah pembersihan, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan penggunaan lotion bebas resep yang tidak mengandung benzoil peroksida.
  • Jerawat tentunya sangat mengganggu penampilan Anda. Bisa jadi ketika Muncul jerawat itu menandai bahwa kulit anda sudah terdapat racun dan bahan yang terinfeksi lebih jauh ke dalam kulit, menyebabkan pembengkakan dan kemerahan, dan bahkan jaringan parut. Jika Anda melihat jerawat yang muncul sebelum acara besar, seperti pesta prom, dokter kulit sering dapat mengobatinya untuk Anda dengan risiko yang lebih kecil untuk jaringan parut atau infeksi.
  • Hindari menyentuh wajah Anda dengan jari-jari Anda atau menyandarkan wajah Anda pada benda-benda yang mengumpulkan debu atau kotoran dan residu kulit seperti telepon Anda. Menyentuh wajah Anda dapat menyebarkan bakteri yang menyebabkan pori-pori menjadi meradang dan teriritasi. Untuk mencegah bakteri menjauh, cuci tangan Anda sebelum mengoleskan sesuatu ke wajah Anda, seperti krim perawatan atau makeup.
  • Jika Anda mengenakan kacamata atau kacamata hitam, pastikan Anda sering membersihkannya agar minyak tidak menyumbat pori-pori di sekitar mata dan hidung Anda.
  • Jika Anda mendapatkan jerawat di tubuh Anda, cobalah untuk tidak mengenakan pakaian ketat. Mereka tidak membiarkan kulit bernafas dan dapat menyebabkan iritasi. Selendang, ikat kepala, dan topi dapat mengumpulkan kotoran dan minyak juga.
  • Hapus riasan Anda sebelum tidur. Saat membeli riasan, pastikan Anda memilih merek yang mengatakan “noncomedogenic” atau “nonacnegenic” pada label. Buang rias wajah lama yang berbau atau terlihat berbeda dari saat pertama kali Anda membelinya.
  • Jaga rambut tetap bersih dan keluar dari wajah Anda untuk mencegah kotoran dan minyak tambahan menyumbat pori-pori Anda.
  • Melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Ini mungkin tampak seperti masker tan tanam, tetapi ini hanya sementara. Tan dapat memperburuk jerawat Anda, bukan memperbaikinya. Tanning juga menyebabkan kerusakan pada kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan keriput dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Jika Anda khawatir tentang jerawat, bicarakan dengan dokter kulit. Dokter kulit menawarkan berbagai perawatan yang membantu mencegah dan menghilangkan bekas jerawat. Seorang dokter kulit dapat membantu Anda menemukan metode perawatan yang terbaik untuk Anda dan juga dapat memberi Anda banyak tips berguna untuk mengatasi jerawat dan merawat jenis kulit Anda. Beberapa salon dan spa telah melatih spesialis kulit, yang disebut ahli kecantikan, yang dapat menawarkan saran dan perawatan perawatan kulit.

Tips Merawat Kulit Anda
Tips Merawat Kulit Anda

Matahari dan Kulit

Kita semua tahu bahwa kita perlu melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Tentu saja, tidak mungkin untuk menghindari matahari – siapa yang ingin bersembunyi di dalam rumah ketika merasa sangat senang bisa keluar? Dan matahari tidak semuanya buruk: Sinar matahari membantu tubuh kita membuat vitamin D. Jadi, ikuti tips ini ketika Anda berada di luar ruangan untuk membantu mengelola paparan sinar matahari:

  • Kenakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 15, bahkan jika mendung atau Anda tidak berencana menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Jika Anda banyak berkeringat atau berenang, aplikasikan kembali tabir surya setiap 1½ hingga 2 jam (bahkan jika botol mengatakan tabir surya itu tahan air).
  • Pilih tabir surya yang menghalangi sinar UVA dan UVB. Cari kata-kata “perlindungan spektrum luas” atau perlindungan UVA selain SPF 15 atau lebih besar. Pilih tabir surya yang bertuliskan “nonacnegenic” atau “noncomedogenic” pada label untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih.
  • Sinar matahari paling kuat antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore, jadi gunakan kembali tabir surya sesering mungkin dan istirahatlah di dalam ruangan jika Anda bisa. Jika bayangan Anda lebih panjang dari tinggi Anda, maka itu adalah waktu yang lebih aman untuk berada di bawah sinar matahari (namun Anda harus tetap memakai tabir surya).
  • Gunakan lebih banyak tabir surya (dengan SPF lebih tinggi) saat Anda berada di sekitar permukaan reflektif seperti air, salju, atau es.
  • Kita semua tahu bahwa matahari dapat merusak kulit, tetapi tahukah Anda bahwa sinar matahari juga dapat menyebabkan masalah mata? Lindungi wajah dan mata Anda dengan topi dan kacamata hitam yang memberikan perlindungan UV 100%.
  • Beberapa obat, seperti obat jerawat yang diresepkan, dapat meningkatkan sensitivitas Anda terhadap sinar matahari (dan terhadap penyamakan kulit). Jadi, jika Anda minum obat, tingkatkan perlindungan dari sinar matahari.
  • Jika Anda menginginkan kilau cokelat, cobalah memalsukannya dengan penyamak kulit sendiri. Hindari tempat tidur penyamakan. Mereka masih mengandung beberapa sinar UV berbahaya yang sama seperti matahari.

Luka dingin

Luka dingin biasanya muncul sebagai lepuh lembut di bibir. Mereka disebabkan oleh jenis virus herpes (HSV-1, yang paling sering tidak menular secara seksual) sehingga mereka menular dari orang ke orang. Setelah Anda mendapatkan virus ini, virus itu tetap berada di dalam tubuh Anda, yang berarti Anda mungkin akan menderita luka dingin sesekali sepanjang hidup Anda.

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah luka dingin muncul (atau muncul kembali jika Anda pernah mengalaminya di masa lalu):

  • Hindari terkena luka dingin sejak awal dengan tidak berbagi hal-hal seperti lip balm, sikat gigi, atau minuman dengan orang lain yang mungkin menderita luka dingin. Virus yang menyebabkan luka dingin ditularkan melalui hidung (dalam lendir) dan mulut (dalam air liur).
  • Orang yang mengidap virus tahu bahwa luka dingin dapat memanas karena hal-hal seperti terlalu banyak sinar matahari, stres, atau sakit. Hanya satu alasan lagi untuk menyabuni lotion berjemur itu, makan dengan baik, berolahraga, dan banyak tidur!

Jika Anda menderita sakit dingin, berikut adalah beberapa tips untuk membuat diri Anda nyaman:

  • Minum acetaminophen atau ibuprofen jika luka dingin terasa menyakitkan.
  • Sedot es batu atau es batu untuk meringankan rasa sakit dan membuat luka dingin tetap dingin.
  • Jauhi makanan asam (seperti jeruk, tomat, dan limun) dan makanan pedas yang asin, yang dapat menyebabkan iritasi.
  • Jangan memilih luka dingin sambil menunggu mereka pergi. Mereka mungkin berdarah atau terinfeksi bakteri atau Anda bisa menyebarkan virus.

Biasanya, luka dingin hilang dengan sendirinya setelah satu atau dua minggu. Tetapi jika Anda sering mendapatkannya atau ada masalah, bicaralah dengan dokter atau dokter kulit Anda, yang mungkin dapat meresepkan obat untuk meredakan gejala dan mempersingkat waktu luka dingin terakhir.

Eksim

Eksim adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit menjadi merah, gatal, dan kering. Jika Anda memiliki eksim, Anda mungkin melihat bahwa Anda cenderung mengalami ruam gatal – terutama di tempat-tempat seperti siku dan lutut Anda menekuk atau di leher dan wajah Anda. Gejala-gejala eksim dapat bervariasi dari orang ke orang.

Meskipun Anda tidak dapat menyembuhkan eksim selamanya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya tidak kambuh:

  • Jauhi hal-hal seperti deterjen keras, sabun wangi, dan lotion yang sangat wangi yang cenderung mengiritasi kulit dan memicu eksim.
  • Karena air panas mengering dengan penguapan cepat dan pencucian yang berlebihan dengan sabun dapat mengeringkan kulit, mandi sebentar dan mandi air hangat. Jika Anda akan memiliki tangan dalam air untuk waktu yang lama (seperti saat Anda mencuci piring atau mobil Anda), cobalah mengenakan sarung tangan. Deterjen bisa mengeringkan dan mengiritasi kulit.
  • Tenangkan kulit Anda dengan aplikasi pelembab bebas aroma secara teratur untuk mencegah gatal dan kekeringan. Krim umumnya melembabkan sedikit lebih baik dan bertahan lebih lama daripada lotion bagi kebanyakan orang. Krim bekerja paling baik jika diterapkan ketika kulit agak basah, seperti setelah mandi.
  • Hati-hati dengan kain yang Anda kenakan. Kapas baik karena itu bernapas dan lembut. (Tetapi jika Anda berolahraga, beberapa bahan sintetis yang lebih baru justru membuat Anda lebih kering dan lebih baik untuk Anda daripada kapas). Cobalah untuk menjauh dari bahan-bahan seperti wol atau spandex yang dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.
  • Pertahankan stres. Karena stres dapat memicu timbulnya eksim, cobalah aktivitas seperti yoga atau berjalan setelah hari yang panjang untuk menjaga tingkat stres Anda tetap rendah.
  • Jika Anda memakai riasan, cari merek yang bebas pewarna dan pewangi yang dapat memperburuk eksim.

Jika Anda kesulitan mengelola eksim, bicarakan dengan dokter kulit, yang dapat menyarankan cara untuk mengendalikannya dengan lebih baik.

Masalah Kulit Lainnya

Kutil adalah infeksi kulit kecil yang disebabkan oleh virus dari human human papilloma virus (HPV). Tidak ada cara untuk mencegah kutil terjadi (selain menghindari kontak dengan orang yang memilikinya). Tetapi jika Anda mendapatkannya, jangan menggosok, mengambil, atau menggaruknya karena Anda dapat menyebarkan virus dan mendapatkan kutu baru.

Beberapa obat bebas yang mengandung asam khusus dapat membantu menghilangkan kutil, tetapi selalu merupakan ide yang baik untuk menemui dokter Anda sebelum mencobanya. Jika Anda menemukan kutil di area genital Anda, Anda harus menemui dokter Anda, yang dapat merekomendasikan metode perawatan terbaik untuk area sensitif itu.

Jenis lain dari infeksi virus seperti kutil adalah moluskum kontagiosum. (Ini tidak menakutkan seperti namanya!) Seperti kutil, ia dapat ditularkan melalui goresan dan kontak seksual.

Garis-garis putih atau keunguan pada kulit yang disebut stretch mark cukup umum di sebagian besar remaja. Stretch mark terbentuk ketika jaringan di bawah kulit Anda ditarik oleh pertumbuhan yang cepat atau peregangan, seperti saat pubertas. Stretch mark biasanya memudar dengan sendirinya seiring waktu. Bicaralah dengan dokter kulit jika Anda khawatir tentang mereka.

Karena kulit kita adalah cerminan paling nyata dari apa yang terjadi dalam tubuh kita, orang menyamakan kulit yang sehat dengan kecantikan. Tetapi kulit yang sehat adalah lebih dari sekedar ketampanan; itu penting untuk kelangsungan hidup kita. Jadi jaga agar kulit Anda bercahaya dengan teknik perawatan kulit yang tepat dan dengan makan dengan baik dan banyak berolahraga.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *