kualitas semen
BISNIS

Kualitas Semen Terbaik Sebagai Bahan Bangunan

Semen, salah satu bahan bangunan terpenting, merupakan bahan pengikat yang mengikat dan mengeras untuk melekat pada unit bangunan. Seperti batu, batu bata, ubin, dll. Semen umumnya mengacu pada zat tepung yang sangat halus yang terutama terbuat dari batu kapur (kalsium), pasir atau tanah liat (silikon), bauksit (aluminium) dan bijih besi. Dan mungkin termasuk bahan dasar lain yang menjadi bahan semen tersebut.

Bahan bakunya diproses di pabrik pembuatan semen dan dipanaskan hingga membentuk zat dari kualitas semen sekeras batu, yang kemudian digiling menjadi serbuk halus untuk dijual. Semen yang bercampur dengan air menyebabkan reaksi kimia dan membentuk pasta yang mengeras. Fungsi mengerasnya ini adalah untuk mengikat masing-masing struktur bahan bangunan.

kualitas semen
Kualitas semen

Semen merupakan bagian integral dari infrastruktur bangunan dimanapun. Semen ini digunakan untuk membuat beton serta mortar, dan untuk mengamankan infrastruktur dengan mengikat blok bangunan. Beton terbuat dari semen, air, pasir, dan kerikil yang dicampur dengan proporsi tertentu. Sedangkan mortar terdiri dari semen, air, dan kerikil kapur.

Keduanya digunakan untuk mengikat batu, batu, batu bata, dan unit bangunan lainnya, mengisi atau menutup celah, dan membuat pola dekoratif. Semen dicampur dengan air silikat dan aluminat, membuat massa mengeras penolak air yang digunakan untuk kedap air.

Selalu disarankan untuk menggunakan kualitas semen terbaik dalam konstruksi. Oleh karena itu, kualitas suatu semen harus diteliti. Meskipun kualitas dari semen yang diinginkan dapat bervariasi tergantung pada jenis konstruksi, umumnya semen yang baik memiliki sifat-sifat berikut (yang bergantung pada komposisi, ketelitian pembakaran dan kehalusan penggilingan).

  • Memberi kekuatan pada pasangan bata.
  • Menjadi kaku atau mengeras lebih cepat.
  • Memiliki plastisitas yang baik.
  • Mudah diterapkan.
  • Tahan kelembaban yang baik.

Salah satu produk dengan kualitas semen terbaik adalah Semen Tiga Roda. Semen ini memiliki MasterTech Formula yang menghasilkan kedap air yang sempurna, permukaan acian yang lebih halus, serta ramah lingkungan. Selain itu permukaan beton atau mortar menjadi lebih halus dan lebih rapat jika dibandingkan dengan menggunakan semen merek yang lain.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *