jurusan sistem informasi
BISNIS

Hal yang Perlu Anda Tahu Terkait Jurusan Sistem Informasi

Seperti yang Anda ketahui, jurusan sistem informasi merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu. Diantaranya, Ekonomi manajemen, ilmu komputer, dan juga bisnis. Meski begitu, fokusnya ada pada software atau programming dan mengarah juga pada penerapan bisnis perusahaan. Maka dari itu, Anda tidak perlu heran jika pada pelaksanaannya nanti, ada banyak mata kuliah yang bersinggungan dengan ekonomi manajemen.

Selama kuliah nanti, Anda akan diberikan pengetahuan terkait beragam kompetensi pada tiga bidang tersebut. Sehingga, diharapkan lulusan jurusan sistem informasi bisa memberikan solusi tentang teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk masuk jurusan ini, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut :

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi
  1. Seperti yang sudah dibahas, bahwa jurusan ini adalah gabungan ilmu komputer dan juga bisnis manajemen. Apabila menyukai dua bidang ini, sepertinya, Anda sudah memilih jurusan yang tepat.
  2. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan titel berupa S.Kom atau sarjana komputer.
  3. Meskipun programming adalah materi inti pada perkuliahan, tetapi, tidak terlalu banyak laiknya pada jurusan Teknik Informatika.
  4. Pada jurusan sistem informatika, Anda tetap akan bertemu dengan mata kuliah matematika. Namun, tidak banyak seperti pada jurusan komputer yang lain.

Nah, mata kuliah yang akan diajarkan dalam jurusan sistem informasi sangat sesuai dan tentu saja memenuhi standar dunia kerja nantinya. Lulusan sistem informasi akan dibutuhkan pada berbagai perusahaan yang akan beralih dari pencatatan secara konvensional menuju ke sistem digital.

Apa yang Akan Dipelajari?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa jurusan sistem informasi ini bertujuan agar mahasiswa bisa membuat aplikasi yang penting untuk bisnis. Terlebih, yang paling ditekankan dalam hal ini adalah aspek analisis-nya. Dimana proses tersebut penting untuk membuat suatu program.

Sebagaimana apabila Anda membuat aplikasi sistem informasi di suatu perusahaan, maka Anda harus memulai dari proses analisis terlebih dahulu. Input dari aplikasi ini apa sajakah? Lalu, aspek apa yang tercakup di dalamnya?

Untuk menentukan hal tersebut, maka dibutuhkan analisis yang mendalam. Baru setelah itu, Anda baru bisa melakukan coding dan membuat aplikasinya. Lulusan dari jurusan ini tentu saja harus menguasai hal tersebut.

Untuk membekali mahasiswa terkait hal tersebut, maka, ada beberapa materi yang disampaikan dalam mata kuliah berupa :

  1. Agar mahasiswa memiliki kompetensi pada bidang komputer : pemrograman, basis data, jaringan komputer, pengembangan software, jaringan komputer, dan sebagainya.
  2. Supaya mahasiswa memiliki kemampuan manajemen, maka mahasiswa akan diberikan mata kuliah : manajemen sistem informasi, prinsip-prinsip manajemen, manajemen proyek, dan sebagainya.
  3. Agar mahasiswa memiliki pengetahuan bisnis dan berbagai proses bisnis pada suatu organisasi, maka mahasiswa akan dikenalkan dengan : sistem informasi akuntansi, administrasi bisnis, perilaku organisasi, serta pengembangan dan pemasaran.

Kampus Sistem Informasi Terbaik

Dikarenakan prospek kerja jurusan sistem informasi sangat cerah, tentu saja Anda tidak boleh memilih sembarang kampus. Sebab, pemilihan kampus akan menentukan seperti apa hasil akhir dari pembelajaran yang Anda lakukan. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan masuk ke IDS Digital Collage. Di kampus ini, Anda bisa mendapatkan gelar S1 (Strata 1) dan siap untuk menghadapi tantangan bisnis, karir, dan juga pertumbuhan teknologi.

Di IDS Digital Collage ini yang merupakan perguruan tinggi swasta yang fokus pada jurusan IT, Anda akan mendapatkan materi berupa algoritma dan pemrograman, matriks dan transformasi linier, statistika dasar, matematika diskret, sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Jika sudah lulus dari IDS Digital College, Anda pun siap bersaing di berbagai bidang, seperti menjadi network administrator, information security analyst, dan juga software developer. Siap mempelajari semuanya?

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *