Gadai Sertifikat Rumah
BISNIS

Tips Gadai Sertifikat Rumah yang Perlu Kamu Ketahui

Terdapat beberapa faktor yang harus kamu perhatikan sebelum kamu melakukan gadai sertifikat rumah, salah satunya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu mengenai kesanggupan diri dalam membayar pinjaman agar di kemudian hari kamu tidak memiliki masalah sehingga menimbulkan merugikan pada diri sendiri.

Maka dari itu agar terhindar dari kesalahan yang mungkin akan terjadi, perhatikanlah sejumlah hal penting berikut ini sebelum kamu berniat untuk mengajukan pinjaman dengan cara gadai sertifikat rumah.

  • Menggadaikannya di Lembaga Bersertifikat

Tentu jelas tidak ada siapapun yang ingin terkena masalah saat mencoba untuk melakukan gadai sertifikat rumah. Hari demi hari semakin banyak bermunculan lembaga pembiayaan non-perbankan yang menerima gadai sertifikat seperti ini dan saling berlomba-lomba mendapatkan nasabah.

Gadai Sertifikat Rumah
Gadai Sertifikat Rumah

Maka dari itu kamu harus pintar dan cermat dalam memilih lembaga keuangan yang sudah pasti memiliki legalitas dan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Asuransi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

  • Beda Buku Tanah dan Sertifikat Tanah

Umumnya, proses menggadaikan sertifikat berharga seperti ini di bank jauh lebih aman. Walaupun begitu, bukan berarti lembaga keuangan non-bank tidak aman. Kamu juga bisa menggadaikan sertifikat berharga tersebut diĀ  Pegadaian. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berada dibawah wewenang pemerintah dengan pelayanan yang aman dan bebas penipuan.

  1. Menggadaikannya di Lembaga yang Terpercaya

Selanjutnya yaitu kamu harus bisa memilih lembaga keuangan yang memiliki legalitas dan juga terpercaya. Tentu kamu tidak ingin tertipu di kemudian hari.

Perhatikan secara cermat lembaga keuangan yang kamu pilih. Atau akan lebih baik lagi jika kamu bertanya pada orang yang pernah berpengalaman menggadaikan sertifikat seperti demikian.

  • Perhatikan Layanan Lembaga Pembiayaan

Lembaga keuangan yang kamu pilih harus memiliki reputasi bagus. Dengan banyaknya jumlah nasabah yang dimiliki oleh lembaga pembiayaan ini bisa menjadi bukti bahwa banyak orang yang memberikan kepercayaan kepada lembaga pembiayaan tersebut.

Selain itu, lembaga keuangan yang memiliki banyak cabang juga dapat dikatakan bahwa lembaga tersebut memiliki lembaga yang sangat dipercaya. Karena umumnya, jumlah cabang juga bisa menjadi indikasi akan kekuatan modal dan juga minat serta kepercayaan orang banyak pada lembaga tersebut.

  • Pilih Lembaga Pembiayaan yang Berpengalaman

Sebuah bank ataupun lembaga keuangan yang profesional dengan reputasi yang bagus tentu dapat bertahan dari gejolak ekonomi. Jika kamu menemukan bank atau lembaga keuangan gadai sertifikat tanah atau rumah yang sudah lama terbentuk hingga saat ini. Maka dapat dikatakan bahwa lembaga keuangan tersebut sudah sangat berpengalaman.

  • Bandingkan Produk Kredit

Langkah selanjutnya yaitu kamu harus mengunjungi lebih dari satu lembaga keuangan. Hal itu akan jauh lebih baik karena dengan begitu berarti kamu melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan lembaga keuangan mana yang dapat dipercaya untuk kamu menggadaikan sertifikat tersebut. Apabila kamu sudah lakukan survei, setelah itu bandingkan besar suku bunga yang ditawarkan dan juga biaya administrasinya.

Pilih lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga paling rendah dengan biaya administrasi kecil. Dengan bunga dan biaya administrasi yang kecil, maka kamu tidak akan terlalu terbebani selama proses angsuran.

  • Pilih Kemudahan Dalam Pembayaran yang Lebih Lama

Apabila kamu memiliki kendala dalam hal jangka waktu pembayaran, maka pilih lembaga keuangan yang menawarkan program jangka waktu pembayaran relatif lebih lama. Tentu waktu yang ditetapkan untuk melunasi pinjaman itu bervariasi mulai dari dua minggu, satu bulan hingga satu tahun.

Jika kamu belum bisa melunasi dalam jangka waktu setahun, maka cari lembaga keuangan yang sesuai dengan kesanggupan kamu dalam membayarnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *