ekstensi d3 ke s1
BISNIS

Beberapa Hal Dalam Memilih program Ekstensi D3 ke S1

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang meliputi pendidikan diploma (Diploma D1/ ahli pratama, Diploma 2/ Ahli Muda, Diploma 3/ Ahli Madya dan Diploma 4/ Sarjana Terapan. Kini tidak sedikit mahasiswa yang menyelesaikan jenjang pendidikan vokasi D3 ketimbang S1.

Ada beberapa alasan hal tersebut dilakukan salah satunya dikarenakan jurusan yang diinginkan belum tersedia. Sehingga sehingga banyak calon mahasiswa yang mengambil program ekstensi D3 ke S1 di tempat yang berbeda. Untuk menyelesaikan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Namun bagi Anda yang memilih program tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

1. Pilihlah Universitas yang menyediakan program ekstensi

Sebelum Anda memutuskan untuk kuliah ekstensi di mana, terlebih dulu harus mencari informasi mengenai Universitas mana saja yang menyediakan program ekstensi. Dengan mendata berbagai Universitas yang menyediakan program ekstensi Anda bisa mempertimbangkan kampus mana yang menjadi tujuan Nada serta jurusan yang diinginkan.

ekstensi d3 ke s1
ekstensi d3 ke s1

2. Tentukan jurusan yang satu bidang

Selain menentukan universitas yang menyediakan program ekstensi, Anda juga harus menentukan jurusan yang satu jurusan dengan program D3 yang sebelumnya sudah Anda selesaikan. Misalnya jika Anda lulusan D3 jurusan Programming, maka pilihan S1 yang bisa Anda ambil adalah jurusan S1 Software Engineering.

Program studi Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah program studi yang mempelajari prinsip- prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak dari sisi fungsional, efektivitas, dan user- user-experience. Pengembangan software ini dapat berupa web dan mobile based. Tugas utama seorang Software Engineer adalah menciptakan aplikasi yang tepat sasaran bagi pengguna (user)

Mahasiswa software Engineer akan dibina untuk dapat mengerti dan menangani transformasi digital yang baru dimulai dalam satu organisasi hingga kompleksitas sistem Software dan teknologi pada era ini. Dalam hal ini jelas terlihat banyaknya kebutuhan akan Software Engineer di semua Industri.

Program ini akan mencakup topic seperti bahasa- bahasa pemrograman, dasar- dasar lanjut, System Analyst, System Architect, Software Project Management, UI Designer, Open Source Software Competency, Mobile and Web, Application Development, Business Analytics, e-Commerce Specialization, Human=Computer Interaction, Internet of Things System, Security, and the Cloud (IoTSSC) dan sebagainya.

Prospek karir Software Engineer menjangkau seluruh bidang industri seperti media, komunikasi, finansial, kesehatan, manufaktur, sistem keamanan, distribusi, kecantikan, hingga seluruh departemen pemerintahan.

Dengan memilih program ekstensi D3 ke S1 sesuai dengan jurusan yang telah diambil maka proses perkuliahan tinggal melanjutkan mata kuliah apa saja yang belum dipelajari di D3. Sehingga akan lebih mengefisienkan waktu pendidikan Anda. Berbeda halnya jika Anda mengambil program ekstensi yang jurusannya berbeda maka proses pendidikan dilakukan dari awal. Oleh karena itu sangat penting sekali menentukan jurusan yang satu bidang.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih program ekstensi D3 ke S1. IDS Digital College merupakan tempat yang tepat untuk menjalani program ekstensi. Karena disini sudah tersedia program ekstensi untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang informatika dan komputer.

Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1) dengan pendekatan Real World Project yang akan membuat Anda siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. IDS Digital College memiliki peminatan pada software Engineer (SE), Cyber Security (CS) dan Mobile Apps Games Development (MAG).

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *