konstipasi pada anak
Kesehatan

Semua Bisa! Konstipasi Pada Anak Bisa Dicegah

Konstipasi memang kondisi yang tidak menyenangkan, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Uniknya, jika orang dewasa bisa dengan mudah menemukan penyebab dan mendiagnosa sendiri sehingga bisa mencari penyembuhnya. Nah, berbeda dengan si kecil. Sebab konstipasi pada anak tidaklah semudah kelihatannya. Lantaran anak jadi rewel dan  bila dibiarkan dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan anak. 

Lalu, bagaimana agar anak tidak mengalami konstipasi? Ternyata orang tua bisa memperkecil risiko konstipasi pada anak dengan banyak cara. Salah satunya adalah mengatur jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak, beserta skala kebutuhannya. Agar lebih memahami, mari coba menyimak ulasan di bawah ini. 

konstipasi pada anak
konstipasi pada anak
  1. Konsumsi Air Putih

Konstipasi bisa diperkecil risikonya jika kebutuhan air putih cukup. Namun, untuk anak-anak memang tidak semudah pada orang dewasa untuk mengatur pola minumnya. Untuk itu, coba bekali si kecil dengan botol atau tumbler khusus air putih. Sehingga jumlah yang dikonsumsi lebih terukur. Jika khawatir lupa, bisa juga memasang aplikasi pengingat minum. Sehingga si kecil lama-kelamaan bisa terbiasa. 

  1. Cukupi Serat

Serat dari makanan yang dikonsumsi memang bagus bagi pencernaan. Akan tetapi perlu diingat, bahwa kebutuhan serat anak-anak dengan orang dewasa berbeda. Jangan terlalu banyak agar konstipasi pada anak bisa dicegah. Demikian juga sebaliknya, jangan terlalu sedikit juga. Selingan buah pepaya dan buah naga, bisa diberikan secukupnya sebagai menu pendamping. Akan tetapi pemberian pada anak usia di bawah satu tahun perlu berhati-hati ya untuk kedua buah ini, karena malah memberatkan kinerja sistem pencernaan. 

  1. Ajak Aktif Bergerak

Pola sedentary life memang sedang marak. Namun untuk anak-anak, bergerak haruslah cukup. Agar pencernaan pun lancar. Ajak bermain yang bisa menggerakkan tubuh. Seperti menari, lompat tali di halaman dan banyak kegiatan lainnya. 

Bagaimana, siap membantu agar konstipasi pada anak bisa diperkecil risikonya? Jangan lupa untuk sounding pada buah hati mengenai jenis makanan dan minuman yang sehat serta jenis kegiatan yang berguna agar tidak terlalu capek namun tetap bisa bergerak riang. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *