tekstur makanan bayi
Kesehatan

Tips Mudah Memperkenalkan Tekstur Makanan Bayi

Jika bayi sudah terbiasa dengan makanan puree mereka, mungkin ini saatnya Anda mulai memperkenalkan tekstur makanan bayi. Untuk mulai memperkenalkan tekstur makanan pada anak Anda, Anda bisa memulainya dengan mencampur pure dengan sedikit tekstur.

Bagaimana cara memulai memperkenalkan tekstur makanan pada bayi?

Selain mulai memperkenalkan tekstur pada bayi, MPASI adalah waktu yang bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan rasa baru pada makanan anak Anda. Untuk memberikan makanan bertekstur pada anak, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut ini.

·    Ajak anak makan saat orang dewasa makan

Jika anak merasa kesulitan untuk memulai makanan  bertekstur mereka, Anda bisa membantu anak belajar makan dengan mengajak anak makan pada saat orang dewasa sedang makan. Dengan makan bersama, hal ini bisa membuat anak lebih senang dan mencontoh orang dewasa.

tekstur makanan bayi
tekstur makanan bayi

Dengan begitu waktu makan tidak lagi menjadi waktu bermain tapi waktu bersosial. Hal ini membantu anak lebih fokus pada acara makannya dan lebih mudah makan apa yang Anda siapkan untuknya. Waktu paling cocok untuk mengajak anak makan bersama tentunya adalah waktu makan malam yang lebih santai.

·    Buat menu yang beragam

Selanjutnya hal lain yang penting untuk membantu anak belajar tekstur makanan bayi adalah dengan membuat menu yang beragam. Terkadang anak tidak kaget dengan tekstur yang mereka makan, tapi merasa bosan dengan makanan yang Anda sediakan.

Meskipun masih bayi, anak memiliki rasa yang sama dengan orang dewasa, mereka juga merasa senang dan juga merasa bosan. Bayangkan Anda makan makanan yang sama 3 kali sehari selama 1 minggu, pasti Anda juga merasa bosan dan malas makan bukan?

Beda jika Anda makan beda-beda setiap hari, hal ini akan membuat Anda bersemangat untuk makan bukan? Hal yang sama terjadi pada bayi Anda. Anda punya waktu yang sangat luas untuk memperkenalkan semua makanan pada anak Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba semua makanan pada anak Anda. Hanya saja hindari makanan yang memiliki kemungkinan alergi dahulu ya!

·    Jangan menyerah

Jangan mudah menyerah dan merasa sedih. Bayi mungkin tidak nafsu makan karena mereka tidak menyukai makanan yang Anda sediakan. Hal ini sangat wajar karena bayi juga punya preferensi.

Dalam proses memperkenalkan tekstur makanan bayi, bayi akan belajar jenis makanan yang disuka dan tidak disukainya. Jadi jangan sedih. Jika bayi sangat sulit makan, memberikan selingan dari Cerelac Risenutri juga bisa jadi pilihan.

Meta : Selanjutnya hal lain yang penting untuk membantu anak belajar tekstur makanan bayi adalah dengan membuat menu yang beragam.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *