apa itu deposito
BISNIS

Apa Itu Deposito, Bisakah Memilikinya dengan Gaji UMR?

Siapa yang tidak mengenal deposito sebagai simpanan jangka panjang yang menguntungkan? Setiap orang pasti menginginkan punya deposito sebagai praktik peribahasa sedia payung sebelum hujan. Sebenarnya, apa itu deposito? Deposito adalah simpanan yang disepakati pihak nasabah dan bank yang bisa dicairkan dalam waktu tertentu dengan tambahan bunga. Jika Anda ragu bisa memiliki deposito dengan gaji pas-pasan, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini.

7 cara mengelola keuangan dengan gaji 4 jutaan saja

Buat Anda yang memiliki gaji 4 juta rupiah per bulan pun, Anda bisa memiliki rekening deposito yang menguntungkan dengan cara berikut :

  • Membuat daftar pengeluaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat prioritas pengeluaran bulanan apa saja. Pastikan Anda membuat daftar pengeluaran secara rinci mulai kebutuhan pribadi, bayar hutang, tagihan wajib, budget piknik, dan lain-lain. Jika daftar pengeluaran Anda berlebihan, coba cek kembali satu per satu untuk mencoret biaya pengeluaran yang sebenarnya masuk kebutuhan sekunder.

apa itu deposito
apa itu deposito

  • Rajin menabung awal bulan

Apa itu deposito berjangka yang menghasilkan pendapatan sampingan? Deposito memiliki sistem bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan konvensional. Jika ingin mendapatkan manfaat dari deposito, maka Anda harus rajin menabung setiap awal bulan dengan persentase yang sudah ditetapkan. Misalnya Anda membuat prosentase menabung dengan besaran sesuai kemampuan seperti 10-20 persen. Masukkan langsung ke dalam tabungan khusus agar Anda tidak berniat untuk mengambil uang tersebut dengan alasan apa saja.

  • Buat prosentase kebutuhan harian maksimal 30 persen saja

Jika ingin memiliki deposito yang bermanfaat untuk masa depan Anda, sebaiknya buat prosentase kebutuhan harian maksimal 30 persen dari gaji Anda. Jika Anda bergaji 4 juta, pastikan menggunakan biaya hidup sebesar 1,2 juta saja. Evaluasi gaya hidup Anda agar bisa menerapkan trik hidup hemat. Yang mahal bukan kebutuhan hidup, tetapi gaya hidup hedon Anda, lho!

  • Membuat rincian dana untuk kebutuhan yang bermanfaat

Dalam hidup ini, Anda jelas tidak bisa melakukan segalanya sendiri tanpa bantuan orang lain. Anda bisa menganggarkan biaya untuk sosialisasi dengan teman atau rekan sebesar 10 persen saja. Pastikan biaya nongkrong atau makan di tempat tertentu tidak lebih dari 10 persen setiap bulan, ya! Selain biaya sosialisasi, Anda wajib memikirkan masa depan dengan mengalokasikan dana untuk pengembangan diri.

Meningkatkan skill untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik atau melakukan pekerjaan sampingan di luar pekerjaan, kenapa tidak? Anda bisa membuat rencana biaya pengembangan diri setidaknya 10 persen dari gaji. Coba lihat potensi dan minat Anda pada pengembangan diri yang sesuai passion, misalnya les Bahasa Inggris, les komputer, ikut klub memanah, dan lain-lain.

  • Dana liburan

Dana liburan harus ada minimal 5-10 persen dari nilai gaji yang wajib Anda kelola dengan baik. Dengan liburan atau piknik bisa mengelola stress dari rutinitas harian Anda selama ini. Anda bisa menjadi lebih produktif setelah kembali dari liburan setiap akhir pekan, lho!

Lima cara mengelola dana pas-pasan untuk mendapatkan deposito berjangka tanpa kehilangan kebahagiaan diri sendiri harus Anda pertimbangkan lebih lanjut. Apa itu deposito berjangka yang bermanfaat? Anda akan tetap mendapatkan manfaat simpanan tanpa merasa kehilangan masa muda bersama teman. Masih muda sudah memikirkan rencana masa tua, kenapa tidak? Yuk, segera buka deposito berjangka Anda hanya di Bank Sinarmas yang menguntungkan! Dengan dana minimal 8 juta rupiah, Anda bisa berpeluang menjadi jutawan masa depan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *