susu bubuk
BISNIS

Bagaimana Menyiapkan Susu Bubuk yang Tepat

Salah satu upaya agar si kecil terpenuhi asupan gizi dan nutrisi saat minum susu bubuk adalah memastikan Anda menyiapkannya dengan benar.

Meski terlihat sederhana, akan tetapi bisa berdampak besar bagi kondisi si kecil. Misalnya susu yang terlalu encer akan membuat anak tidak tercukupi gizinya, namun sebaliknya susu yang terlalu kental juga bisa berakibat pada saluran pencernaannya.

Biasanya, pada setiap kemasan sudah tertulis takaran yang ditentukan dengan tujuan agar kandungan gizi dari susu tersebut bisa bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

Itu sebabnya, jangan sampai Anda membuat susu dengan menggunakan takaran yang berlebihan atau malah kurang. Mengapa? Itu tadi, jika berlebihan maka si kecil akan mengalami kesusahan buang air besar dan bila kurang maka akan membuat si kecil kekurangan nutrisi.

Dan satu lagi, sangat disarankan agar tidak menambahkan gula atau sereal saat menyajikannya.

Kemudian, cara kedua yang memang sebaiknya dihindarkan adalah menghangatkan susu dengan menggunakan microwave. Meski terlihat praktis akan tetapi sangat berbahaya buat si kecil dikarenakan panas yang dihasilkan tidak merata.

susu bubuk

Dan tidak sedikit orang tua yang memberikan sisa susu bubuk dengan alasan agar tidak ada yang terbuang. Padahal, cara ini bisa membahayakan karena ada bakteri yang muncul dan membahayakan pencernaan.

Akan berbeda jika susu tersebut sudah Anda masukkan terlebih dahulu ke dalam lemari pendingin.

Terakhir, hindari penggunaan air panas saat melarutkan susu. Hal ini penting agar nutrisi yang ada pada susu tersebut tidak hilang. Sangat disarankan agar menggunakan air dengan suhu 70 derajat celcius.

Jika menggunakan air mendidih maka ada baiknya diamkan terlebih dahulu paling tidak 15 hingga 30 menit.

Meski terlihat sederhana, namun faktor di atas bisa berakibat pada kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi bagi si kecil.

Satu lagi, pilihlah susu yang memiliki kandungan tepat bagi tumbuh kembang si kecil sesuai dengan usianya. Karena masing-masing susu bubuk yang ada di pasaran memang sudah diformulasikan sesuai dengan aktivitas si kecil. Jadi, jangan salah penyajian ya bunda!.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *