tabungan berjangka
BISNIS

Inilah Bedanya Tabungan Berjangka dan Deposito

Menabung dalam tabungan biasa memang bisa membantu Anda saat membutuhkan dana darurat. Akan tetapi menabung dalam produk tabungan tersebut tidak membantu mengamankan dana dari inflasi. Apabila ingin mengamankan dana dari inflasi, Anda harus memilih produk dengan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Ada dua macam produk sejenis tabungan yang memiliki bunga lebih tinggi yaitu tabungan berjangka dan deposito.

Keduanya sama-sama menerapkan jangka waktu tertentu. Apabila belum habis tenor, maka Anda tidak boleh mengambil dana yang ditabung. Meskipun memiliki persamaan, namun tabungan jenis berjangka dan deposito memiliki perbedaan berikut ini:

tabungan berjangka
tabungan berjangka
  • FungsiĀ 

Tabungan jenis berjangka dan deposito memiliki fungsi yang berbeda. Sesuai namanya, tabungan jenis berjangka lebih sering dimanfaatkan sebagai produk simpanan. Beberapa orang memilih produk ini karena memang niat untuk menabung. Sementara deposito berfungsi sebagai investasi sehingga nasabah mengharapkan banyak keuntungan.

  • Jangka Waktu Simpanan

Jangka waktu simpanan antara keduanya juga berbeda. Pada umumnya deposito memiliki jangka waktu yang beragam mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan. Sedangkan deposito jenis berjangka memiliki jangka waktu yang paling singkat yaitu 1-10 tahun. Namun ada juga bank yang menawarkan produk tabungan dengan jangka waktu hingga 15 tahun. Semuanya tergantung kebijakan bank.

  • Minimal Setoran Awal

Minimal setoran awal menjadi perbedaan selanjutnya. Deposito harus diawali dengan setoran yang tinggi, mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 10 juta. Hal tersebut berbeda dengan tabungan yang bisa dimulai dengan setoran kecil yaitu Rp 100.000 saja.

  • Bukti Kepemilikan Rekening

Karena termasuk produk simpanan, tabungan jenis berjangka menggunakan bukti kepemilikan berupa buku tabungan atau slip bukti pembukaan tabungan. Sedangkan deposito tidak memilikinya. Deposito menggunakan bilyet atau surat berharga.

Itulah beberapa perbedaan antara tabungan berjangka dan deposito. Ingin mencari tabungan jenis berjangka dengan bunga sekelas deposito? Pilihlah Tabungan Cita2Ku dari Bank Danamon. Produk tabungan tersebut menerapkan suku bunga tinggi sekelas deposito yaitu sekitar 3,00%-3,25%. Selain bunganya yang tinggi, jangka waktu atau tenornya juga panjang. Anda bisa mengajukan Tabungan Cita2Ku secara online di www.danamon.co.id.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *