ruam anak
Kesehatan

Ruam Anak Serta Cara Pengobatannya di Rumah

Kulit anak sangat rentan sekali terkena berbagai ancaman penyakit, dan salah satu yang sering ditemui adalah permasalahan ruam anak. Yang mana ruam pada anak ini, ada banyak sekali jenisnya, dan beberapa ruam pada anak ini bisa anda simak pada ulasan dibawah ini:

  • Flu Singapura

Flu Singapura merupakan salah satu jenis penyakit ruam anak yang sering menyerang area tangan, mulut, serta kaki. Penyebab utama dari terkena Flu Singapura ini sendiri adalah akibat terinfeksi virus, yang hidup dan berkembang pada cairan hidung, air ludah, tinja, area tenggorokan, dan juga cairan pada area ruam kulit. 

Gejala terkena Flu Singapura ini, bisa dikenali dengan munculnya bintil air pada area mulut, tangan dan juga kaki. Untuk pengobatan dirumah, anda bisa memberikan berbagai langkah sebagai berikut :

  • Memberikan jam istirahat penuh. 
  • Memberikan ibuprofen dan juga parasetamol yang bisa membantu meredakan nyeri dan juga menurunkan demam.
  • Banyak minum air putih yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada area tenggorokan
  • Rutin mengoleskan krim anti gatal pada area ruam
  • Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam dan juga pedas. 
  • Menjaga kebersihan sikecil dengan sangat ekstra
ruam anak
ruam anak
  • Campak

Campak adalah salat satu penyakit ruam anak yang menunjukan gejalanya dengan adanya ruam pada seluruh anggota badan dan memiliki sifat yang menular. Yang mana penularan dari penyakit campak ini, terjadi akibat percikan cairan dari seseorang yang terkena campak, ketika sedang batuk ataupun bersin. 

Berbagai gejala terkena campak bisa dikenali seperti diantaranya mata terlihat memerah dan sensitif terhadap cahaya matahari, pilek, lemas, letih, demam, badan terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, diare, muntah-muntah, dan juga terdapat bercak kecil yang terdapat pada area dalam mulut. Untuk pengobatannya, bisa dilakukan berbagai cara seperti banyak minum air putih, perbanyak waktu istirahat, meminum obat pereda nyeri, dan juga meminum obat penurun demam.

  • Cacar air

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang juga akibat dari terpapar virus, melalui penularan kontak langsung dengan penderita, serta bisa juga berasal dari percikan ludah. Orang yang terkena cacar air ini, biasanya ditandai dengan munculnya tonjolan ruam merah yang menyerang seluruh area anggota tubuh. Kadang juga orang yang terkena cacar air disertai dengan munculnya demam, badan terasa lemas, pusing-pusing, serta nyeri pada tenggorokan.

Sebagai langkah pengobatannya, cukup sederhana saja. Yakni bisa dilakukan dengan cara memperbanyak minum air putih, hanya mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur lembut, mengenakan pakaian yang berbahan ringan dan juga lembut, serta hindari menggaruk ruam atau luka cacar air secara langsung..  

  • Ruam popok

Dari namanya saja, mungkin anda sudah bisa menebak bahwa ruam ini terjadi akibat dari efek samping pemakaian popok, yang durasi pemakaiannya cukup lama. Bayi yang terkena ruam popok bisa dikenal dengan munculnya bercak kemerahan area selangkangan, kulit terasa kering dan melepuh, terdapat luka lecet pada bokong, paha dan juga alat kelamin sikecil. 

Untuk pencegahan ruam popok ini, maka anda bisa melakukan berbagai step sebagai berikut :

  • Sebelum mau mengganti popok, wajib untuk mencuci tangan anda terlebih dahulu sampai bersih.
  • Bila popok sikecil sudah terlalu basah akibat air kencing atau tinja, maka harus segera diganti. 
  • Selalu bersihkan area yang tertutup popok dengan menggunakan air yang bersih, atau bisa juga dengan menggunakan tisu basah yang non alcohol dan pewangi.
  • Keringkan area yang ditutupi oleh popok dengan kain yang berbahan lembut.
  • Oleskan salep pelembap yang mengandung zinc oxide pada area yang retan terkena ruam popok. 
  • Setelah salep pelembap kering, barulah anda bisa memakaikan popok kepada sikecil. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *