kalkulator deposito
BISNIS

Istilah yang Harus Dipahami Sebelum Menggunakan Kalkulator Deposito

Deposito adalah produk perbankan yang memberikan banyak keuntungan sehingga layak dijadikan sebagai investasi. Produk ini mirip dengan tabungan namun ada jangka waktunya. Sebelum jangka waktu habis, dana tidak boleh diambil. Jika dana diambil sebelum jangka waktu habis, maka Anda akan dikenakan denda. Keuntungan deposito didapatkan dari bunga yang jauh lebih tinggi dari tabungan biasa. Anda bisa menghitung keuntungan investasi tersebut menggunakan aplikasi yang dinamakan kalkulator deposito.

Kalkulator untuk deposito merupakan aplikasi yang menghitung keuntungan investasi deposito. Pada umumnya, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah secara online. Kebanyakan bank sudah menyediakan aplikasi ini agar memudahkan para nasabah. Namun sebelum menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa istilah penting berikut:

Istilah dan Kalkulator untuk Deposito

kalkulator deposito
kalkulator deposito
  • Tenor

Istilah pertama yang akan Anda temukan nanti adalah tenor. Istilah ini tidak akan Anda temukan jika membuka rekening tabungan biasa. Pasalnya tenor berarti jangka waktu. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, uang tidak boleh diambil sebelum tenor atau jangka waktu yang telah ditetapkan di awal. Nasabah yang berhak untuk memilih tenor yang diinginkan yaitu mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.

  • Deposit awal

Istilah selanjutnya yang harus Anda pahami adalah deposit awal. Berbeda dengan tenor, istilah ini bisa Anda temukan ketika membuka rekening tabungan biasa. Deposit awal artinya adalah setoran awal atau uang yang Anda masukkan pertama kali. Ada batas minimum deposit awal yang ditetapkan oleh bank pada setiap produk deposito.

  • Besar suku bunga

Besar suku bunga tentu saja sudah diketahui oleh semua orang. Besar suku bunga ini adalah tingkat keuntungan yang akan didapatkan nasabah. Biasanya besar suku bunga ditetapkan dalam bentuk % atau persen. Semakin tinggi tentu saja akan semakin menguntungkan untuk nasabah.

  • Jenis suku bunga

Istilah terakhir dalam kalkulator deposito adalah jenis suku bunga. Ada beberapa jenis suku bunga yang ditetapkan oleh bank yaitu suku bunga tetap atau fixed (suku bunga yang tidak akan berubah sampai kapanpun) dan suku bunga mengambang atau floating (suku bunga yang berubah mengikuti pasar). Ada juga suku bunga flat yang mengacu pada pokok awal.

Cara Menggunakan Kalkulator untuk Deposito

  • Masuk ke aplikasi

Kalkulator untuk deposito bisa didapatkan di website bank yang akan dipilih. Jika tidak ada, Anda bisa menemukannya dengan mudah secara online. Langsung masuk saja ke aplikasi kalkulator yang Anda temukan.

  • Isi kolom yang diminta

Anda akan diminta untuk mengisi beberapa kolom. Kolom yang harus diisi berupa tenor, deposit awal, dan besar bunga yang ditawarkan bank. Tenor dan deposit awal sesuai dengan kesanggupan Anda sebagai nasabah. Sedangkan bunga tergantung kebijakan bank yang Anda pilih.

  • Hitung

Langkah terakhir yaitu menghitung secara langsung. Klik tombol hitung yang ada pada aplikasi. Nanti aplikasi akan menghitungnya secara otomatis. Setelah selesai menghitung, Anda bisa melihat rincian keuntungan. Apabila Anda menggunakan aplikasi dari bank, nilainya biasanya cukup akurat. 

Itulah istilah-istilah penting yang harus Anda pahami sebelum menggunakan kalkulator deposito. Setelah mengetahui cara menggunakannya, kini saatnya Anda memilih produk yang tepat. Bank Sinarmas menghadirkan produk deposito yang ringan yaitu deposito online. Dikatakan sebagai produk deposito yang ringan karena deposit awal rendah mulai dari Rp 500.000 saja.

Sesuai dengan namanya, produk deposito ini bisa diajukan secara online. Anda bisa mengajukannya melalui aplikasi yang dinamakan SimobiPlus. Aplikasi mobile banking Bank Sinarmas tersebut tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Informasi lain mengenai produk deposito online ada di www.banksinarmas.com

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *