tips menyapih anak
BISNIS

Tips Menyapih Anak Tanpa Rewel

Menyapih Si Kecil memang menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Apabila tidak dilakukan secara terencana dan juga bertahap, sering kali Si Kecil menjadi rewel sebab harus berhenti ASI. Tapi, Anda tidak perlu merasa khawatir apabila si Kecil masih sulit disapih. Dalam melakukan proses tersebut, memang dibutuhkan waktu dan kesiapan mental dari ibu dan anak itu sendiri. Namun, Bunda tentu perlu mengetahui dan memahami tips menyapih anak supaya prosesnya bisa berjalan dengan mudah dan Si Kecil juga tidak menjadi rewel.

Terdapat beberapa tips menyapih anak yang perlu Bunda perhatikan supaya proses menyapih ASI bisa berjalan lancar, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Hindari Menghentikan ASI secara Mendadak

 

Tips pertama yang perlu Bunda perhatikan adalah hindari menghentikan ASI secara mendadak. Beberapa ibu mungkin pernah menghentikan ASI secara tiba-tiba, misalnya dengan cara mengoleskan sesuatu yang pahit pada puting sehingga anak menjadi enggan menyusu. Lebih baik Bunda menghindari cara tersebut, sebab dapat menyebabkan gangguan psikologis terhadap anak atau menjadi peristiwa traumatis bagi Si Kecil.

tips menyapih anak
tips menyapih anak

 

  • Mengurangi Frekuensi serta Durasi Menyusui secara Bertahap

 

Jika Si Kecil biasanya menyusu sebelum tidur dan saat bangun pagi, dengan durasi sekitar 20 menit, maka Bunda dapat mengurangi kebiasaan tersebut secara bertahap. Anda dapat memberikan air putih atau susu pertumbuhan menjelang tidur. Disamping itu, hindari untuk menawarkan ASI lagi pada Si Kecil. Bunda bisa memberikan ASI hanya saat ia memintanya.

Kemudian, tahap selanjutnya apabila Si Kecil mulai terlihat ingin minta menyusu lagi, Bunda dapat  mencoba untuk mengalihkan perhatiannya. Misalnya mengajaknya jalan – jalan, bermain, membacakan buku cerita, atau melakukan hal lain yang ia sukai.

 

  • Komunikasikan dengan Si Kecil

 

Menyusu tentu sudah menjadi kebiasaan bagi Si Kecil, oleh sebab itu apabila kebiasaan tersebut ingin dihentikan, Bunda perlu memberikan penjelasan kepada Si Kecil. Misalnya, Nak kalau sudah ulang tahun, nanti minum susu menggunakan gelas, ya.

Setelah Si Kecil berhasil disapih, secara perlahan asupan nutrisinya akan diperoleh dari makanan lain. Jadi, Bunda perlu memastikan asupan nutrisi Si Kecil dapat terpenuhi dari berbagai jenis makanan yang ia konsumsi. Selain itu, Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan untuk melengkapi kecukupan nutrisinya agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

DANCOW 1+ dengan Nutritods #ToddlerExpert merupakan susu pertumbuhan yang tepat untuk anak usia Toddler 1-3 tahun. Susu dari Nestle ini memiliki kandungan 3X lebih banyak vitamin D dibandingkan formula sebelumnya, protein, vitamin (A, D, E, K, C), kalsium, selenium, zinc, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan nutrisi penting lainnya. Bantulah Si Buah Hati untuk mengeksplorasi banyak dengan mencukupi kebutuhan asupan nutrisinya. Itulah beberapa tips menyapih anak yang perlu Bunda perhatikan. Yuk Bunda dukung Si Kecil bebas bereksplorasi dan pastikan kecukupan nutrisinya bersama DANCOW GUM. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *